Manusia-Manusia Besar (bagian 2)

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Manusia-Manusia Besar (bagian 1) Cukilan dari Buku Rekayasa Sosial Karya Jalaludin Rakhmat. Harap baca bagian 1 terlebih dahulu supaya pengetahuan anda utuh.

Thomas Carlyle memandang sejarah sebagai biografi dari manusia-manusia besar. Manusia besar adalah jiwa dari seluruh sejarah umat manusia.

Ada 3 (tiga) tipe individu di tengah-tengah masyarakat, yaitu:

  1. Ordinary people (manusia-manusia biasa)

Manusia tipe ini seperti kita yang membentuk jaringan-jaringan sosial. Masyarakat sebenarnya terdiri dari sekian banyak ordinary people. Kita tidak bisa memasukkan mereka sebagai individu besar untuk mengubah sejarah.

  1. Exceptional actors (tokoh yang memiliki kemampuan luar biasa)

Albert-Einstein-HD

Mereka bisa berbuat apa saja dan mempunyai kearifan yang dalam. Mereka bisa memahami apa yang dibutuhkan masyarakat disekitarnya. Tipe ini termasuk para nabi, pembaharu, dan tokoh sejarah besar. Mereka mempunyai sesuatu yang istimewa yang membedakannya dengan manusia lain.

  1. Holders of exceptional positions (manusia diantara dua tipe diatas)

Orang ini tidak mempunyai kebijakan  dan pengetahuan seperti yang dimiliki oleh Exceptional actors, tetapi mereka menduduki posisi penting di masyarakat. Karena itu mereka biasanya disebut Holders of exceptional positions”. Seseorang misalnya yang memiliki kearifan yang rendah, tiba-tiba menjadi presiden. Maka dia pun akan iut menentukan jalannya sejarah dan dapat mempengaruhi proses perubahan sosial. bahkan, sekiranya dia buta huruf seperti seorang kaisar di Afrika, dia dapat menentukan jalannya sejarah, paling tidak dinegerinya sendiri.

Presiden Republik Afrika Tengah

Presiden Republik Afrika Tengah

Umumnya, pemimpin-pemimpin di daerah tertentu bodoh-bodoh karena yang terlalu pintar jarang diterima dalam sistem yang demokratis. Mengapa? Kecerdasannya melampaui zamannya. Kalau anda ingin memerintah bangsa kambing, kualitas anda harus kualitas kambing juga. Kalau kualitas anda harimau, kambing-kambing akan lari, tidak akan mengambil anda sebagai pemimpin. Kalau bangsanya singa, pemimpinnya juga harus singa.

Lalu apa yang dilakukan oleh great individuals itu untuk mengubah sejarah? Ada senarai type of action yang dilakukan oleh manusia. Sebagai anggota masyarakat kita berada dalam sebuah spektrum, dari private actions, tindakan orang yang mempengaruhi secara pribadi tetapi tidak begitu banyak menimbulkan perubahan sosial, sampai tindakan bersama (collective actions) yang tidak terorganisasi dan tidak terkoordinasikan. Kalaupun sampai terorganisasi, biasanya dilakukan dengan cara yang buruk. Demonstrasi-demonstrasi yang belakangan marak, biasanya hanya bersifat temporer. Kerusuhan-kerusuhan juga menimbulkan perubahan sosial, tetapi tidak berdampak besar kepada masyarakat sebagai bangsa.

Collective actions ini biasanya dilakukan social movement (gerakan-gerakan sosial). Tindakan yang lebih bisa mengubah lagi adalah tindakan-tindakan yang terorganisasi, terencana, dan sudah disiapkan sebalumnya, seperti organizing dan mobilizing. Dalam istilah Bung Karno, dikenal dengan pembantukan kekuatan dan pemanfaatan kekuatan.

Ada sebuah organisasi sosial yang mengorganisasi rencana-rencana mereka membantuk kekuatan dan memanfaatkan kekuatan itu. Tindakan yang paling akhir adalah tindakan –tindakan politik (political actions).

Seorang great individuals diukur pengaruhnya dari seluruh tindakan ini. Bagaimana pendapat anda? silakan share dan ditunggu komentarnya.

About ariefzulkipli

Pembelajar dibidang sosiologi, menyukai logika dan positivisme.

Posted on December 5, 2015, in Populer and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: