Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa

Pada dasarnya globalisasi sangat identik dengan pembangunan, yaitu sama-sama ingin mewujudkan masyarakat modern yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Tujuan yang mulia tersebut tentunya tidak selamanya akan menghasilkan produk yang sesuai. Berbagai proses tersebut terkadang menimbulkan berbagai dampak yang negatif. Hal itu bisa diakibatkan oleh buruknya perencanaan pembangunan, lemahnya sumber daya manusia, ataupun oleh kurangnya pengawasan. Dampak negatif dari pembangunan ini di dalam ilmu sosiologi dinamakan biaya sosial (social cost)

Proses pembangunan membutuhkan tingkat penguasaan iptek yang cukup tinggi. Kemampuan tersebut harus ditunjang pula oleh kemampuan masyarakat untuk menyesuaikan berbagai nilai dan norma dengan perkembangan zaman, sehingga akan tercipta keseimbangan kondisi alam, sosial, serta berbagai kemampuan masyarakat.

Contoh nyata mengenai hal tersebut bisa kita lihat dari beberapa perilaku oknum pejabat pemerintah yang dengan berbagai cara berusaha untuk hidup mewah dan bersenang-senang. Lahirnya perilaku tersebut tentunya diakibatkan oleh ketidaksiapan mental mereka. Pada tingkat masyarakat, perilaku tersebut menyebabkan kecemburuan sosial bahkan konsumerisme. Hal itu bisa menyebabkan benturan nilai, disintegrasi sosial, bahkan anomie yaitu keadaan tanpa aturan sosial.

Pudarnya berbagai nilai dan norma akan menyebabkan memudarnya eksistensi jati diri bangsa. Globalisasi telah menghilangkan berbagai sekat-sekat kebudayaan antarnegara. Hal itu menyebabkan banyak orang yang terpengeruh oleh berbagai hal yang berbau barat dan tanpa mempedulikan hal itu baik atau tidak.

Pengaruh globalisasi mengkhawatirkan banyak orang, terutama ketakutan adanya marjinalisasi (penyingkiran) terhadap budaya lokal. Euforia budaya barat banyak diadopsi oleh generasi muda yang notabene adalah generasi yang akan meneruskan kebudayaan nasional. (arz)

About ariefzulkipli

Pembelajar dibidang sosiologi, menyukai logika dan positivisme.

Posted on February 10, 2014, in Populer and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: