Mobilitas Sosial tidak sama dengan Gerakan Sosial

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak terjadi kekeliruan dalam menggunakan istilah-istilah untuk hal-hal yang praktis. Dalam hal ini kita akan membedakan antara mobilitas sosial (social mobility) dengan gerakan sosial (social movement).

Kalau istilah mobilitas sosial (social mobility) diganti dengan gerakan sosial haruslah hati-hati agar tidak menyamakan istilah tersebut dengan istilah gerakan sosial yang berasal dari kata social movement. Gerakan sosial dalam pembahasan ini adalah gerakan sosial dalam arti social mobility yaitu gerakan individu/anggota masyarakat dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain atau dari satu kedudukan ke kedudukan yang lain dalam suatu struktur sosial. Misalnya seorang guru berganti pekerjaan menjadi pemilik toko buku, maka berarti ia melakukan suatu mobilitas sosial. Proses ini tidak saja terbatas pada diri individu-individu, tetapi juga kelompok-kelompok sosial, misalnya suatu golongan minoritas berasimilasi dengan golongan mayoritas dalam suatu masyarakat.

Adapun gerakan sosial dalam arti social movement adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu kelas sosial tertentu dengan maksud memperoleh kedudukan sosial yang mereka inginkan, dengan cara-cara yang diwarnai nada protes, penuh emosi serta kekerasan.

About ariefzulkipli

Pembelajar dibidang sosiologi, menyukai logika dan positivisme.

Posted on November 6, 2012, in Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: