Perbedaan Norma Kesusilaan dan Norma Hukum

Pada mulanya norma terbentuk secara tidak terencana. Pada saat itu, norma hanya sebagai konsekuensi hidup bersama. Tiap norma memiliki perbedaan, namun norma-norma tersebut masing-masing saling mempengaruhi, kadang salng memperkuat, tetapi juga bisa salng meniadakan.

Sebagai contoh, berdasarkan norma agama dan hukum, pembunuhan, pencurina dan perzinahan sama-sama tidak dapat dibenarkan. Dengan demikian, norma agama dan hukum saling memperkuat satu sama lain.

Perbuatan-perbuatan pidana yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), misalnya, hampir seluruhnya merupakan perbuatan-perbuatan yang berasal dari norma kesusilaan dan agama. Norma kesusilaan sering melarang beberapa perbuatan yang oleh norma hukum sama sekali tidak dihiraukan seperti tentang kumpul kebo dan berbohong. Selain itu, seringkali antara norma hukum dan kesusilaan terjadi kontradiksi.

Sebagai contoh, proses hutan piutang. Jika tidak ada perjanjian tertulis maka itu termasuk ranah norma kesusilaan dan tidak masuk ke ranah norma hukum karena tidak memenuhi syarat-syarat formal yang ditentukan oleh hukum. Contoh, Amir meminjam uang dengan Rafi. Hingga pada suatu waktu, Rafi ingin menagih hutangnya. Karena tidak ada perjanjian tertulis, Amir tidak mau membayar hutangnya. Dan secara hukum Amir tidak mempunyai dasar untuk membayar hutangnya, akan tetapi secara hati nurani (kesusilaan) Amir wajib membayar hutangnya.

Banyak lagi permasalahan lainnya yang terkadang antar norma sosial saling menguatkan dan di beberapa kasus juga saling bertentangan. Cara mengatasinya dapat kita lihat dasar atau indikatornya terlebih dahulu.

About ariefzulkipli

Pembelajar dibidang sosiologi, menyukai logika dan positivisme.

Posted on November 5, 2012, in Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: