Makna Revolusi Pada Suatu Ketika

Tulisan ini merupakan cukilan dari Buku “Rekayasa Sosia” karya Jalaludin Rakhmat. Tulisan ini juga hanya semata-mata untuk mengenang beberapa kisah saya saat masih menjalani masa-masa kuliah. Banyak hal yang menarik pada buku ini, sehingga saya anggap tulisan beliau akan terus hidup bagi kita yang mempunyai semangat untuk hal “itu”.

Artikel ini terdapat pada Bab VI berjudul Revolusi.

Ketika seluruh bangsa dilanda krisis, semua orang menuntut perubahan. Makin menderita bangsa itu, makinn ingin perubahan itu segera terjadi. Revolusi muncul sebagai strategi terbaik. Reformasi dianggap terlalu lamban, sementara perut tidak bisa menunggu. Bila penyakit sosial seperti korupsi sudah berurat berakar dalam seluruh tubuh bangsa, kita memerlukan pembedahan total, yakni revolusi. Ada kerinduan untuk menyongsong revolusi, ada kebanggaan dalam gerakan revolusioner. Ada banyak contoh bangsa-bangsa besar lahir dari puing-puing revolusi. Tetapi pada saat yang sama, ada ketakutan akan kedahsyatan revolusi. Bayangan kita tentang rovolusi itu ambigu. Pada satu sisi, revolusi dipandang sebagai pelita harapan, yang membimbing kita dari kegelapan status quo pada cahaya masa depan. Pada sisi lain, revolusi dilihat sebagai momok yang mengerikan, bersimbah darah, dan penuh adegan kekerasan.

Karena itu, ketika seorang tokoh reformasi ditawarkan revolusi ia menjawab, “rakyat Indonesia sudah terlalu banyak menderita, revolusi akan memperparah keadaan mereka. Akan tetapi, ketika seorang tokoh radikal ditawarkan reformasi ia menjawab, “masyarakat kita sudah sangat korup, hanya revolusi yang bisa menyembuhkannya. Rakyat yang menderita tidak akan kehilangan apapun kecuali belenggunya”. Bagi seorang tokoh “ekstrem” ini, revolusi adalah satu-satunya terapi sosial untuk patologi sosial yang sudah sangat parah.

Nah, bagaimana pendapat anda kini tentang revolusi? Jangan pernah takut mengungkapkan pendapat anda, selama kebenaran itu ada didalam diri anda, maka keberanian akan terus melindungi kebenaran tersebut. Salam!

About ariefzulkipli

Pembelajar dibidang sosiologi, menyukai logika dan positivisme.

Posted on June 30, 2012, in Populer. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: