Sebab Munculnya Pelapisan Sosial dalam Masyarakat

Kita tentunya sudah paham dengan istilah strata. Yang sering kita dengar adalah kata strata yang digunakan dalam jenjang perguruan tinggi, strata 1 (S1) dan strata 2 (S2).

Istilah strata yang kemudian kita gunakan menjadi stratifikasi berasal dari kata stratum (bentuk tunggal) yang bentuk jamaknya strata artinya pelapisan. Hal ini berarti istilah stratifikasi sosial mempunyai arti yang sama dengan pelapisan sosial, yang dapat diartikan sebagai pembedaan penduduk atau anggota masyarakat ke dalam kelas secara hierarkis (bertingkat). Perwujudannya adalah adaya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas rendah dalam masyarakat.

Mengapa didalam masyarakat terdapat pelapisan sosial? Pelapisan sosial akan selalu ditemukan dalam masyarakat selama di dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dihargai. Sesuatu yang dihargai itu dapat berupa uang atau benda-benda lain yang bernilai ekonomis, politis, agamis, sosial maupun kultural, seperti tanah, ilmu pengetahuan, kekuasaan, kesalehan, ataupun keturunan.

Adanya kelas yang tinggi dan kelas yang rendah itu disebabkan karena didalam masyarakat terdapat ketidakseimbangan atau ketimpangan (inequality) dalam pembagian sesuatu yang dihargai yang kemudian menjadi hak dan kewajiban yang dipikul oleh para warga masyarakat.

Ada segolongan orang yang mendapat penggolongan lebih besar dan ada segolongan orang yang mendapatkan pembagian lebih kecil. Golongan yang mendapatkan pembagian lebih besar kemudian mendapatkan kedudukan pada pelapisan yang lebihg tinggi dan golongan yang mendapatkan pembagian lebih kecil menduduki pelapisan yang lebih rendah.

About these ads

Posted on November 7, 2012, in Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: